Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan dan peningkatan hasil belajar pada mata pelajaran PKN Kelas V SDN Bawakaraeng III Kota Makassar melalui penggunaan model pembelajaran gambar dan gambar berbantuan media puzzle.Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Ada total dua puluh siswa kelas empat yang berpartisipasi dalam penelitian ini. Penelitian ini dibagi menjadi dua siklus, dengan dua pertemuan yang terjadi pada setiap siklusnya. Untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKN, subjek penelitian diberi perlakuan pada setiap siklusnya dengan penerapan model pembelajaran picture and picture berbantuan media puzzle. Temuan penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) pemanfaatan model pembelajaran gambar dan pembelajaran gambar berbantuan media puzzle mengikuti prosedur pelaksanaan pembelajaran yang telah ditentukan. (2) mencapai peningkatan IPK pada ujian awal sebesar 65,5% dengan tetap mempertahankan tingkat ketuntasan belajar sebesar 40%. Siklus awal menghasilkan rata-rata nilai sebesar 70,95% yang menunjukkan tingkat ketuntasan belajar sebesar 60%. Siklus selanjutnya menghasilkan rata-rata nilai sebesar 83,1% dengan tingkat ketuntasan belajar sebesar 85%. (3) Meningkatkan prestasi akademik siswa dari penilaian awal hingga siklus.
Copyrights © 2025