Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah mengungkap dan mendeskripsikan usaha-usaha yang dilakukan guru SD dalam merancang, mengembangkan dan melaksanakan pembelajaran IPS yang menggunakan unsur-unsur pentingan kehidupan masyarakat sebagai sumber belajar. Pendekatan kualitatif dengan teknik observasi dan wawancara digunakan sebagai alat pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukan temuan bahwa penggunaan unsur-unsur kehidupan nyata masyarakat dapat meningkatkan kemampuan berfikir kritis siswa, penguasaan bahan belajar IPS, dan dapat mengembangkan pembiasaan, moral dan rasa percaya diri siswa.Abstract: The purpose of this research is to reveal and describe the efforts made by elementary teachers in designing, developing and implementing social studies learning that uses elements of the interests of community life as a learning resource. A qualitative approach with observation and interview techniques was used as a data collection tool. The results showed the findings that the use of real-life elements of society can improve students 'critical thinking skills, mastery of social studies learning materials, and can develop students' habituation, morals and self-confidence.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2016