Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang semakin pesat, memberikan peluang besar bagi sekolah untuk menggunakan media digital sebagai sarana dalam memperkenalkan identitas, program, kegiatan serta prestasi sekolah kepada masyarakat luas. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan bagaimana SD Muhammadiyah 1 Kota Malang dan SDI Surya Buana Malang mengelola media digital guna membangun citra positif sekolah. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif berbasis studi kasus. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam dan observasi non partisipan. Teknik analisis data yang digunakan mencakup pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan, pengecekan keabsahan temuan dilakukan dengan triangulasi pengumpulan data. Informan penelitian terdiri dari wakil kepala sekolah bagian humas, tenaga pendidik dan wali murid. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa pengelolaan media digital di SD Muhammadiyah 1 Kota Malang dan SDI Surya Buana Malang menggunakan beberapa platform media digital seperti instagram, facebook, youtube, tiktok dan laman website. Kedua sekolah ini memiliki cara yang menarik dalam mengkomunikasikan keunggulan mereka kepada masyarakat. Namun dalam pengelolaannya terdapat tantangan yang dihadapi terutama ketika membuat konten di media sosial.
Copyrights © 2025