Saat ini, dunia pendidikan telah mengalami banyak sekali perubahan, salah satunya ialah dengan munculnya banyak sekali sekolah swasta. Sekolah swasta ini muncul dikarenakan beberapa alasan diantaranya adalah banyaknya lembaga pendidikan swasta yang menyebabkan persaingan antar sekolah dalam memperebutkan siswa. Semakin bagus mutu sekolah, seharusnya juga akan menarik secara khusus di mata calon siswa baru dan juga masyarakat secara umum. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif, penelitian ini bertujuan untuk menganalisa faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan sekolah memenangkan persaingan mendapat siswa dan menganalisa strategi yang harus diambil guna memenangkan persaingan tersebut. Hasil dari analisa menunjukkan dua strategi yaitu mendorong sekolah untuk mendapat adiwiyata nasional sehingga mendapatkan lebih banyak perhatian dari pemerintah dan lokasi yang strategis bisa dikembangkan menjadi Sekolah Ramah Anak dan menyasar siswa inkusi. Analisis dengan matriks QSPM menunjukkan hasil bahwa strategi pertama mendapat nilai TAS sebesar 5,14 lebih besar dari strategi pertama sebesar 5,01. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa strategi yang sebaiknya diprioritaskan adalah strategi mendorong sekolah untuk mendapat adiwiyata nasional sehingga mendapatkan lebih banyak perhatian dari pemerintah.
Copyrights © 2025