Inovasi kepengawasan sekolah diperlukan untuk meningkatkan efisiensi dan transparansi antara sekolah dan wali murid. Penelitian ini bertujuan menganalisis implementasi aplikasi PELAJAR sebagai bentuk kolaborasi. Menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, data dikumpulkan melalui wawancara dan studi dokumentasi yang dilakukan pada tanggal 29 November 2024. Prosedur penelitian mencakup pengajuan izin, pelaksanaan wawancara, dan analisis data menggunakan reduksi, kondensasi, serta penarikan simpulan. Keabsahan data diuji dengan kriteria credibility, transferability, dependability, dan confirmability. Hasil penelitian menunjukkan aplikasi PELAJAR mempermudah pengawasan melalui fitur presensi, data peserta didik, dan laporan tagihan yang dapat diakses secara real-time. Aplikasi ini juga mengurangi kesalahan pencatatan dan mempercepat distribusi informasi penting kepada wali murid. Selain itu, kemudahan penggunaannya meningkatkan keterlibatan aktif wali murid dalam berbagai aspek pendidikan anak, seperti pemantauan kehadiran hingga pembaruan data peserta didik. Dengan aplikasi ini, pengawasan menjadi lebih terstruktur, akurat, dan memberdayakan, sekaligus menciptakan komunikasi yang lebih efektif antara sekolah dan wali murid.
Copyrights © 2025