Menulis merupakan keterampilan yang harus dimiliki peserta didik. Keterampilan menulis mampu membentuk peserta didik dalam mengungkapkan sebuah ide gagasan. Permasalah saat ini banyak peserta didik yang masih ragu menulis karena berfikir bahwa tulisan yang dibuat belum baik. Quillbot dan Grammarly menjadi salah satu media pembelajaran yang dapat membantu peserta didik dalam melatih kemampuan menulis. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui dampak penggunaan software aplikasi berbasis artificial intelligence Quillbot dan Grammarly terhadap keterampilan menulis peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah konsep tinjauan pustaka dengan teknik Systematic Literature Review (SLR). Tahapan SLR dalam penelitian ini terdiri dari: (1) Research Question; (2) Search Process,; (3) Inclusion and Exclusion Criteria,; (4) Quality Assesment; dan (5) Data Collection. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dapak penggunaan dari software aplikasi Quillbot dan Grammarly yaitu menemukan kesalahan dalam struktur penulisan kalimat, membantu dalam memperbaiki struktur dalam kalimat, dan mendeteksi tingkat plagiarisme dalam sebuah kalimat. Hasil penelitian merekomendasikan bahwa Quillbot dan Grammarly dapat menjadi salah satu alternatif media pembelajaran dalam melatih kemampuan menulis pada peserta didik.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025