Tujuan Penelitian ini mendeskripsikan: (1) persiapan yang dilakukan oleh mahasiswa kampus mengajar dalam menggerakkan literasi siswa di SDN 1 Pusungmalang Puspo; (2) analisis tantangan dan hambatan mahasiswa kampus mengajar dalam berperan sebagai implementator pelaksanaan program peningkatan literasi siswa SDN 1 Pusungmalang Puspo; (3) strategi yang digunakan oleh mahasiswa kampus mengajar dalam berperan sebagai implementator pelaksanaan program peningkatan literasi siswa SDN 1 Pusungmalang Puspo; (4) dampak program kampus mengajar dalam peningkatan literasi siswa di SDN 1 Pusungmalang Puspo.Pendekatan penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan studi kasus, lokasi dilaksanakan di SDN Pusungmalang 1 Puspo Pasuruan, teknik pengumpulan data meliputi observasi wawancara, dan analisis data lapangan dan studi dokumenter. Proses analisis data meliputi pengumpulan data, kondensasi data dan pengambilan kesimpulanyang menggunakan software Nvivo 12 pro. Keabsahan data penelitian menggunakan teknik triangulasi. Penelitian ini mengungkapkan berbagai temuan terkait implementasi Program Kampus Mengajar dalam meningkatkan literasi siswa. Mahasiswa memulai dengan persiapan yang matang, mengikuti pelatihan yang disediakan oleh program, yang meliputi pemahaman kebutuhan siswa, penyesuaian materi pembelajaran, serta penggunaan media yang relevan untuk mendukung proses belajar. Namun, mereka menghadapi beberapa tantangan, seperti keterbatasan fasilitas di sekolah, termasuk akses yang terbatas terhadap buku dan teknologi, serta kondisi geografis yang sulit dijangkau dan rendahnya minat baca siswa.
Copyrights © 2025