Pembelajaran Al-Islam di sekolah sering kali mengalami kendala dalam menarik minat dan meningkatkan pemahaman siswa, terutama ketika metode yang digunakan kurang interaktif. Hal ini mendorong perlunya inovasi dalam media pembelajaran yang dapat meningkatkan partisipasi aktif siswa. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menganalisis proses pengembangan media pembelajaran UTAKSI, serta (2) mengukur efektivitas penggunaannya dalam pembelajaran.   Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development/R&D) dengan pendekatan model ADDIE, yang mencakup tahapan Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi. Subjek penelitian terdiri dari 36 siswa kelas X H di SMA Muhammadiyah 2 Bandar Lampung.  Hasil validasi menunjukkan bahwa media pembelajaran UTAKSI memperoleh tingkat kelayakan yang sangat tinggi, dengan persentase 95% dari ahli materi, 92% dari ahli bahasa, dan 90% dari ahli media. Selain itu, efektivitas media ini terbukti meningkatkan hasil belajar siswa sebesar 57%, dengan tingkat ketuntasan meningkat dari 40% pada pretest menjadi 97% pada posttest. Temuan ini mengindikasikan bahwa UTAKSI merupakan media pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi Al-Islam.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025