Kuttab: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam
Vol 9 No 1 (2025): Kuttab: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam

UTAKSI : ULAR TANGGA DAN TEKA-TEKI SILANG MEDIA PEMBELAJARAN AL-ISAM DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA

Jannati, Nurbaiti (Unknown)
Saputra, M. Indra (Unknown)
Farida (Unknown)
Diana, Nirva (Unknown)
Jalaluddin (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Mar 2025

Abstract

Pembelajaran Al-Islam di sekolah sering kali mengalami kendala dalam menarik minat dan meningkatkan pemahaman siswa, terutama ketika metode yang digunakan kurang interaktif. Hal ini mendorong perlunya inovasi dalam media pembelajaran yang dapat meningkatkan partisipasi aktif siswa. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menganalisis proses pengembangan media pembelajaran UTAKSI, serta (2) mengukur efektivitas penggunaannya dalam pembelajaran.   Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development/R&D) dengan pendekatan model ADDIE, yang mencakup tahapan Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi. Subjek penelitian terdiri dari 36 siswa kelas X H di SMA Muhammadiyah 2 Bandar Lampung.  Hasil validasi menunjukkan bahwa media pembelajaran UTAKSI memperoleh tingkat kelayakan yang sangat tinggi, dengan persentase 95% dari ahli materi, 92% dari ahli bahasa, dan 90% dari ahli media. Selain itu, efektivitas media ini terbukti meningkatkan hasil belajar siswa sebesar 57%, dengan tingkat ketuntasan meningkat dari 40% pada pretest menjadi 97% pada posttest. Temuan ini mengindikasikan bahwa UTAKSI merupakan media pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi Al-Islam.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

kuttab

Publisher

Subject

Education Other

Description

ruang lingkup kajian yang bisa diterima dalam jurnal ini yaitu hasil dari riset baik secara konseptual maupun empiris yang meliputi antara lain: kurikulum pendidikan Islam, kepsesantrenan, madrasah diniyah dan pendidikan non formal lainnya, media dan metode pembelajaran pendidikan Islam, pemikiran ...