Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar Indonesia
Vol 4 No 1 (2024): DESEMBER

Pengaruh Penggunaan Media Interaktif Berbasis Aplikasi Canva terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Madrasah Ibtidaiyah

Rezky, Hijratul (Unknown)
Rosdiana, Rosdiana (Unknown)
Munirah, Munirah (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh penggunaan media interaktif berbasis aplikasi Canva terhadap motivasi belajar peserta didik kelas IV Madrasah Ibtidaiyah pada mata pelajaran PPKn. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pre experimental dengan desain one group pre test and post test. Penelitian ini dilakukan di MIS Muhammadiyah Bontoboddia Kabupaten Gowa. Populasi yang digunakan adalah kelas IV yang terdiri dari 1 kelas sebanyak 23 peserta didik. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah dengan cara teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar angket dan teknik analisis data menggunakan uji-t. Hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t nilai Sig. (2-tailed) < a atau 0,000 < 0,05 maka dapat dikatakan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata motivasi belajar sebelum dan setelah penggunaan media interaktif berbasis aplikasi Canva sehingga berpengaruh positif terhadap motivasi belajar peserta didik kelas IV MIS Muhammadiyah Bontoboddia kabupaten Gowa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

judikdas

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

JUDIKDAS: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar Indonesia adalah jurnal ilmiah yang bertujuan untuk mempublikasikan hasil penelitian yang orisinil dan memuat isu-isu terkini di bidang pendidikan dasar dengan kualitas terbaik yang meliputi Manajemen pendidikan, Strategi dan Inovasi Pembelajaran, Alat dan ...