Community Engagement and Emergence Journal (CEEJ)
Vol. 6 No. 1 (2025): Community Engagement & Emergence Journal (CEEJ)

Pemberian Mock Test AKM sebagai Upaya Memperkuat Kemampuan Numerasi Siswa di SDIP YLPI

Amelia, Sindi (Unknown)
Alzaber, Alzaber (Unknown)
Hajar, Ibnu (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2025

Abstract

Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) ini bertujuan untuk mempersiapkan siswa dalam menghadapi Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) serta memperkuat kemampuan numerasi mereka dalam Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) melalui pelaksanaan mock test. Kegiatan ini dilaksanakan pada siswa kelas V SDIP YLPI Kota Pekanbaru dalam dua sesi, yaitu pada 11 September 2024 dan 22 Oktober 2024. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat peningkatan rata-rata nilai pada mock test kedua dibandingkan dengan mock test pertama. Selain itu, jumlah siswa yang masuk dalam kategori mahir dan cakap juga mengalami peningkatan. Namun, masih terdapat kendala dalam pemahaman stimulus soal, di mana siswa cenderung hanya fokus pada pertanyaan tanpa membaca keseluruhan teks soal. Temuan ini menunjukkan bahwa pembiasaan dalam membaca stimulus soal perlu ditingkatkan agar siswa lebih siap dalam menghadapi AKM Numerasi. Program ini dapat dilanjutkan sebagai bagian dari persiapan ANBK tahun 2025 atau dijadikan pembiasaan rutin dalam memahami dan mengerjakan soal numerasi berbasis penalaran.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

ceej

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Environmental Science Health Professions

Description

CEEJ is a journal for the development and application of science and technology that includes publication of the results of community service activities, models or concepts or their implementation in the context of increasing community participation in development, community empowerment or the ...