Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia
Vol 5 No 2 (2025): JAMSI - Maret 2025

Implementasi Pembelajaran Berbasis Kolaborasi dalam Meningkatkan Literasi dan Numerasi di SMP Muhammadiyah 6 Pucuk, Jawa Timur

Suyitno, Suyitno (Unknown)
Putri, Cindy Amelia (Unknown)
Nabila, Ananda Fatiha (Unknown)
Rahmadhani, Isabella (Unknown)
Putra, Firman Syah (Unknown)
Sabeta, Mafaza Nuris (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Mar 2025

Abstract

Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi literasi dan numerasi siswa SMP Muhammadiyah 6 Pucuk, Jawa Timur, melalui program Kampus Mengajar. Program ini dirancang dengan pendekatan berbasis kolaborasi, melibatkan mahasiswa, guru, dan siswa dalam berbagai kegiatan seperti revitalisasi perpustakaan, pembelajaran berbasis proyek, serta penggunaan teknologi dalam pembelajaran. Metode yang digunakan mencakup observasi, penyusunan rencana aksi kolaborasi, serta implementasi program dengan evaluasi berkala. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan signifikan dalam minat baca siswa, keterampilan numerasi, serta adopsi teknologi dalam pembelajaran. Kegiatan ini berdampak positif dalam meningkatkan keterlibatan siswa dalam proses belajar dan memperkuat sinergi antara sekolah dan komunitas akademik. Implementasi program ini dapat menjadi model dalam meningkatkan kualitas pendidikan di daerah dengan keterbatasan sumber daya.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jamsi

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Engineering Public Health

Description

Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia (JAMSI) adalah jurnal nasional yang berisi hasil-hasil kegiatan pengabdian dan pemberdayaan masyarakat berupa penerapan berbagai bidang ilmu diantaranya pendidikan, teknik, pertanian, sosial humaniora, komputer dan kesehatan. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia (JAMSI) ...