Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Read, Answer, Discuss, Explain, and Create (RADEC) dalam mata pelajaran matematika, menganalisis keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa, serta menguji pengaruh model RADEC terhadap keterampilan tersebut pada siswa kelas V. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan pendekatan kuantitatif, serta menerapkan desain eksperimen semu (quasi-experimental) dengan nonequivalent control group design. Populasi penelitian mencakup seluruh siswa kelas V, dengan sampel terdiri atas 22 siswa kelas VA dan 22 siswa kelas VB yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui tes keterampilan berpikir tingkat tinggi, lembar observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) model pembelajaran RADEC diterapkan dengan efektif, (2) keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa pada kelompok eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelompok kontrol, dan (3) model RADEC berpengaruh secara signifikan terhadap keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa dalam pembelajaran matematika kelas V.
Copyrights © 2024