Paidea : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia
Vol. 4 No. 2 (2024): Agustus

Pengaruh Model Pembelajaran RADEC terhadap Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar

Putri, Marzhela M (Unknown)
Aras, Latri (Unknown)
Nurhaedah, Nurhaedah (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Read, Answer, Discuss, Explain, and Create (RADEC) dalam mata pelajaran matematika, menganalisis keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa, serta menguji pengaruh model RADEC terhadap keterampilan tersebut pada siswa kelas V. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan pendekatan kuantitatif, serta menerapkan desain eksperimen semu (quasi-experimental) dengan nonequivalent control group design. Populasi penelitian mencakup seluruh siswa kelas V, dengan sampel terdiri atas 22 siswa kelas VA dan 22 siswa kelas VB yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui tes keterampilan berpikir tingkat tinggi, lembar observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) model pembelajaran RADEC diterapkan dengan efektif, (2) keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa pada kelompok eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelompok kontrol, dan (3) model RADEC berpengaruh secara signifikan terhadap keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa dalam pembelajaran matematika kelas V.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

paidea

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Paidea: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia merupakan jurnal penelitian yang menerbitkan beragam artikel dalam bidang pendidikan dan pembelajaran. Jurnal ini memberikan peluang untuk melakukan diseminasi kepada berbagai kalangan yang lebih luas untuk berbagi informasi hasil penelitian ...