Journal of Classroom Action Research
Vol. 7 No. SpecialIssue (2025): Maret 2025

Analisis Faktor Penghambat Keterampilan Membaca Permulaan pada Siswa Kelas II SDN 4 Kesik Kecamatan Masbagik Kabupaten Lombok Timur Tahun Pembelajaran 2024/2025

Aprilia, Dhea (Unknown)
Saputra, Heri Hadi (Unknown)
Hakim, Mansur (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Mar 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan membaca permulaan pada siswa kelas II SDN 4 Kesik, dan mengetahui faktor penghambat membaca permulaan pada siswa meliputi II SDN 4 Kesik, serta mengetahui strategi guru dalam mengatasinya. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif jenis deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan metode analisis interaktif analisis model yakni Miles and Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan membaca siswa kelas II paling banyak berada di level paragraf/cerita dan paling sedikit di level pemula. Faktor penghambat membaca permulaan siswa di kelas II adalah kurangnnya minat, bakat, motivasi dari dalam diri siswa itu sendiri untuk belajar membaca, hal ini juga didukung dengan faktor lingkungan keluarga dan sekolah, yang pertama, kurangnya dukungan dan motivasi dari orang tua dan keluarga terhadap siswa dengan tidak adanya perhatian khusus yang diberikan kepada siswa dalam mengajarkan siswa membaca permulaan dirumah, yang kedua kurangnnya kreativitas guru dalam mengajarkan siswa membaca. Adapun upaya strategi yang digunakan guru dalam mengatasi hambatan membaca permulaan siswa adalah membagai siswa/ memfokuskan mengajar siswa yang belum bisa membaca, menyediakan buku khusus membaca permulaan, melakukan permainan/games, mengingatkan kepada orang tua untuk sering mengajarkan anak membaca dirumah sesibuk apapun mereka dan melatih siswa dengan rutin setiap hari.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jcar

Publisher

Subject

Education Other

Description

Journal of Classroom Action Reseach (Jurnal Penelitian Tindakan kelas) e-ISSN:2656-2340 , p-ISSN: 2656-3460 adalah jurnal yang memuat artikel hasil penelitian-penelitian kelas baik dari kalangan guru, dosen, maupun dari hasil penelitian mahasiswa. Journal of Classroom Action Reseach merupakan salah ...