JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri)
Vol 9, No 1 (2025): Februari

PENINGKATAN KETERAMPILAN PEMBUATAN PRODUK DIGITAL BAGI TECHNOPRENEUR MUDA MELALUI PENGGUNAAN PLATFORM CANVA

Chairullah Naury (Program Studi DIII MAnajemen Informatika, Politeknik Assalaam)
Eko Purbianto (Program Studi DIII MAnajemen Informatika, Politeknik Assalaam)
Riszki Wijayatun Pratiwi (Program Studi DIII MAnajemen Informatika, Politeknik Assalaam)
Mursid Dwi Hastomo (Program Studi DIII MAnajemen Informatika, Politeknik Assalaam)
Ari Pantjarani (Program Studi DIII MAnajemen Informatika, Politeknik Assalaam)
Tri Budi Santosa (Program Studi DIII MAnajemen Informatika, Politeknik Assalaam)
Putri Amalia Salsabilah (Program Studi DIII, MAnajemen Informatika, Politeknik Assalaam)
Jumi Darsih (Program Studi DIII MAnajemen Informatika, Politeknik Assalaam)



Article Info

Publish Date
05 Mar 2025

Abstract

Abstrak: Peningkatan keterampilan digital saat ini sangat penting, mengingat pesatnya perkembangan dunia teknologi dan digitalisasi yang membuka banyak peluang bisnis. Salah satu cara untuk mendorong kreativitas dan kewirausahaan digital adalah dengan memanfaatkan platform desain grafis seperti Canva untuk membuat produk digital yang dapat dijual di berbagai platform online, seperti Link. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan keterampilan desain grafis (hardskill) serta keterampilan pemasaran digital (softskill) bagi peserta, khususnya dalam membuat produk desain yang dapat dipasarkan secara efektif. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah ceramah yang dilanjutkan dengan praktik langsung menggunakan Canva untuk merancang produk digital, serta diskusi kelompok untuk menggali strategi pemasaran yang tepat. Kegiatan ini diikuti oleh 33 peserta yang merupakan siswa/i dari SMK N 7 Surakarta yang tertarik dalam mengembangkan produk digital. Evaluasi dilakukan melalui angket yang dibagikan kepada peserta untuk mengukur peningkatan keterampilan mereka, baik dalam hal desain grafis maupun pemahaman pemasaran digital. Berdasarkan hasil evaluasi, terdapat peningkatan keterampilan peserta sebesar 80% dalam hal kemampuan desain dan 70% dalam pemahaman pemasaran digital.Abstract: Improving digital skills is currently very important, considering the rapid development of the world of technology and digitalization which opens up many business opportunities. One way to encourage digital creativity and entrepreneurship is to utilize graphic design platforms such as Canva to create digital products that can be sold on various online platforms, such as Link. The aim of this activity is to improve graphic design skills (hard skills) and digital marketing skills (soft skills) for participants, especially in creating design products that can be marketed effectively. The method used in this activity is a lecture followed by direct practice using Canva to design digital products, as well as group discussions to explore appropriate marketing strategies. This activity was attended by 33 participants who were students from SMK N 7 Surakarta who were interested in developing digital products. Evaluation is carried out through questionnaires distributed to participants to measure the improvement in their skills, both in terms of graphic design and understanding digital marketing. Based on the evaluation results, there was an increase in participants' skills by 80% in terms of design abilities and 70% in understanding digital marketing.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jmm

Publisher

Subject

Other

Description

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) is a journal published by the Mathematics Education Departement of Education Faculty of Muhammadiyah University of Mataram. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) aims to disseminate the results of conceptual thinking and ideas, especially the results of educational research ...