JURNAL KOULUTUS
Vol. 7 No. 2 (2024): JURNAL KOULUTUS

IMPLEMENTASI MODUL AJAR KURIKULUM MERDEKA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DI SMP NEGERI 13 PALU

Alanur, Shofia Nurun (Unknown)
R Tomeys, Irnayanti (Unknown)
Septiwiharti, Dwi (Unknown)
Sukmawati, Sukmawati (Unknown)
Amus, Sunarto (Unknown)
Makmur, Windy (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2024

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan bagaimana guru membuat dan menerapkan modul ajar kurikulum merdeka dalam pembelajaran pancasila di kelas Vll A. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan deskriptif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru harus memulai dengan menyusun modul, mengetahui strategi, mengembangkan modul ajar, menyiapkan evaluasi, dan memenuhi dua syarat minimal saat mengembangkan modul ajar kurikulum merdeka. Guru di SMP Negeri 13 Palu telah memiliki kemampuan untuk mengembangkan modul ajar karena modul yang telah disusun oleh guru telah sesuai dengan panduan kementerian. Mereka juga telah belajar menyampaikan materi di kelas, memberi kesempatan kepada peserta didik, membuat argumen tentang materi yang akan disampaikan, dan memberi respon atau umpan balik kepada peserta didik agar proses pembelajaran menjadi menarik. Guru menyesuaikan modul ajar dengan konteks, karakteristik, dan kebutuhan siswa, sehingga siswa tidak bosan belajar.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

koulutus

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics

Description

Jurnal of Koulutus is published twice a year (March and September), contains research or reviewing on Education and learning.The authors may discuss about the teaching culture, teaching method and others teaching matters in every education levels. Journal of Koulutus is managed by LPPM of University ...