Jurnal Tadris Matematika
Vol 7 No 1 (2024)

Pengaruh Model Pembelajaran Search, Solve, Create, and Share (SSCS) terhadap Kemampuan Literasi Matematis Ditinjau dari Self-efficacy Siswa

Sholikah, Siti (Unknown)
Agustyaningrum, Nina (Unknown)
Muqtada, Moh. Rikza (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Jun 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Search, Solve, Create, and Share (SSCS) terhadap kemampuan literasi matematis ditinjau dari self-efficacy siswa. Penelitian ini menggunakan jenis quasi experimental bentuk nonequivalent posttest-only control group design. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas VIIB dan VIIE, dengan pemilihan sampel secara cluster ramdom sampling. Pengambilan data menggunakan instrumen tes dan non-tes, lembar observasi, pedoman wawancara serta angket validasi. Teknik analisa data dilakukan melalui analisa tahap awal dengan uji independent sample t-Test untuk mengetahui keseimbangan kemampuan awal siswa, serta tahap akhir dengan uji anava dua jalan dan uji pasca anava yaitu uji scheffe. Hasil dari penelitian ini yaitu: 1) Kemampuan literasi matematis siswa yang mendapatkan model pembelajaran SSCS lebih baik daripada siswa yang mendapatkan model pembelajaran langsung; 2) Terdapat perbedaan kemampuan literasi matematis antara siswa dengan self-efficacy tinggi, sedang, dan rendah 3) Tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dan self-efficacy terhadap kemampuan literasi matematis.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jtm

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Tadris Matematika is a scientific publication in mathematics education and learning including: (1) mathematical thinking process, (2) mathematics models, media, and teaching materials development, (3) pedagogical content knowledge, (4) mathematics theoretical study and learning practice, (5) ...