Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media number rods terhadap kemampuan berhitung pada anak kelompok A. Tujuan penggunaan media benda konkret khususnya media number rods dalam menstimulasi kemampuan berhitung pada anak kelompok A seperti pengoperasi penambahan, konsep bilangan, konsep pembagian, berfikir logis serta memecahkan masalah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis eksperimen dengan one group pretest posttest design. Pada penelitian ini sampel berjumlah 10 anak dengan menggunakan Teknik Purposive Sampling Pengumpulan data pada penelitian ini yaitu dengan menggunakan observasi, test, dan dokumentasi. Test dalam penelitian ini berupa pretest dan posttest dengan menggunakan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) yang mengacu pada instrumen penilaian. Teknik analisis data pada penelitian ini uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis dengan menggunakan SPSS versi 26. Setelah itu untuk menguji pengaruh antara variabel bebas yakni media number rods terhadap variabel terikat yakni kemampuan berhitung menggunakan uji T. Dari hasil penelitian dan analisis data dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh dari media number rods terhadap kemampuan berhitung pada anak kelompok A. Hal ini dapat dilihat dari jumlah sampel 10 anak dengan nilai pada keseluruhan nilai hasil pretest diperoleh dengan rata-rata 23,80 sebelum diberikan treatment sedangkan pada nilai hasil keseluruhan nilai posttest diperoleh dengan rata-rata 28,10. Adapun hasil hipotesis one sample T-test menunjukkan nilai signifikan 2 tailed 0,000 0,05 ditarik kesimpulan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima.
Copyrights © 2024