Entalpi Pendidikan Kimia
Vol 5 No 3 (2024)

Identifikasi Self Regulated Learning Peserta Didik Dalam Pembelajaran Kimia pada Materi Koloid Berbasis Chemo-edutainment

Apriyana, Dwi (Unknown)
Asrial, Asrial (Unknown)
Damris, Damris (Unknown)
Kriswantoro, Kriswantoro (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Nov 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menentukan seberapa besar peserta didik dapat mengatur diri sendiri dalam pembelajaran kimia. Tingkat kemandirian peserta didik dijelaskan menggunakan pendekatan penelitian deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian adalah dua puluh peserta didik kelas XI Fase F SMAN 7 Tanjung Jabung Timur. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner survei pembelajaran mandiri. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru, pendekatan pendidikan berbasis chemo-edutainment dapat menginspirasi peserta didik untuk merencanakan teknik belajar mandiri mereka sendiri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebesar 40% atau sebagian besar kemampuan peserta didik cenderung masuk dalam kelompok sedang, namun tidak ada peserta didik yang masuk dalam kategori sangat tinggi.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

epk

Publisher

Subject

Chemistry Education Social Sciences

Description

Entalpi Pendidikan Kimia is a journal that aims to share findings, result and review of research done by scholars in the filed of chemistry education. Entalpi Pendidikan Kimia Journal publishes either research articles or reviews that relate to the field of chemistry education. The coverage of ...