Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan konsep diri dengan perilaku asertif pada siswa SMA Swasta Pangeran Antasari. Sampel dalam penelitian ini melibatkan sebanyak 128 Siswa. Penelitian ini menggunakan skala Konsep Diri dan skala Perilaku Asertif. Skala Perilaku Asertif berisi 32 aitem dan skala Konsep Diri berisi 32 aitem. Disproportionate Stratified Random Sampling adalah teknik yang digunakan untuk menentukan jumlah sampel bila populasinya berstrata tetapi kurang proporsional. Pembagian kuesioner kepada sampel merupakan teknik yang digunakan dalam pengambilan data. Analisis data menggunakan Pearson Product Moment Correlation. Reliabilitas pada penelitian ini menggunakan teknik koefisien Alpha Cronbrach. Reliabilitas item Perilaku Asertif sebesar 0.922 dan reliabilitas item Konsep Diri sebesar 0.896. Hasil analisis menunjukkan bahwa nilai korelasi Pearson sebesar 0.446 dengan nilai signifikansi (p-value) sebesar 0.000 (p0.05). Temuan dari penelitian ini mengindikasikan bahwa terdapat korelasi positif di antara kedua variabel. Uji asumsi pada penelitian ini meliputi uji normalitasserta uji linearitas. Data dianalisis dengan menggunakan metode analisis regresi linear melalui SPSS Statistics 24 for Windows. Hasil penelitian menyatakan sumbangan efektif sebesar 19.9 persen berasal dari Konsep Diri terhadap Perilaku Asertif, sisanya 80,1 persen berasal dari faktor lain yang tidak diteliti.
Copyrights © 2025