Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana penerapan media TIK dalam konteks pembelajaran di sekolah dasar, serta mengidentifikasi berbagai kendala yang mungkin dihadapi oleh para pendidik. Selain itu, penelitian ini juga akan mencari solusi untuk mengatasi tantangan tersebut agar penggunaan media TIK dapat dioptimalkan. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif. Metode ini melibatkan berbagai strategi interaktif, seperti observasi langsung, observasi partisipatif, wawancara mendalam, dan analisis dokumen. Metode ini melibatkan berbagai strategi interaktif, seperti observasi langsung, observasi partisipatif, wawancara mendalam, dan analisis dokumen . Dari hasil penelitian terdapat beberapa guru di sekolah SD Negeri 101736 telah menggunakan media ajar berbasis teklogi dan dapat disambut dengan antusias oleh seluruh siswa. Namun dalam penerapannya terdapat beberapa kendala yang menjadi tantangan bagi pihak sekolah dalam mengatasi kedala tersebut. Agar penerapan media pembelajaran berbasis TIK ini dapat dilakukan secara optimal, pihak sekolah memiliki peranan yang cukup penting dalam menyediakan fasilitas yang memadai, seperti perangkat komputer, akses internet, dan proyektor. Selain itu, guru juga perlu di berikan penyuluhan terkait pentingnya pelatih agar bisa menggunakan media TIK dengan baik dan dapat membimbing siswa secara efektif.
Copyrights © 2025