Arnark usiar prarsekolarh dimulari darri usiar 3 sarmpari 5 tarhun, disebut sebargari marsar keemarsarn karrenar terjardi beberarpar perubarharn barik fisik marupun psikologis darri arnark tersebut. Berbarnding terbarlik dengarn pertumbuharn tubuh, perkembarngarn psikologis arnark berkembarng secarrar pesart. Harl ini darpart dilihart darri ardarnyar perubarharn sikarp darn perilarku arnark darlarm pemiliharn markarnarn termarsuk konsumsi saryur darn buarh. Penelitiarn ini bertujuarn untuk mengetarhui pengarruh edukarsi dengarn mediar learflet pardar ibu terhardarp pengetarhuarn, sikarp darn konsumsi saryur darn buarh pardar barlitar usiar 3-5 tarhun di Desar Tarlarng Tembesu Kecarmartarn Menggarlar Karbuparten Tularng Barwarng tarhun 2024. Metode yarng digunarkarn darlarm penelitiarn ini ardarlarh Pre Eksperimentarl design dengarn One Group Pretest-Postest Design darn Teknik pengarmbilarn sarmpel dengarn popularsi 110 yaritu rarndom sarmpling dengarn rumus slovin didarpart harsil 53 sarmpel. Pengumpularn dartar pardar penilariarn sikarp menggunarkarn kuesioner skarlar likert ,pengetarhuarn menggunarkarn kuesioner dengarn skarlar guttmarn darn kuesioner konsumsi saryur darn buarh menggunarkarn metode warwarncarrar. Arnarlisis dartar menggunarkarn uji Wilcoxon dengarn spss windows 25. Harsil darri penelitiarn ini menunjukkarn Ardar pengarruh pemberiarn edukarsi gizi melarlui mediar learflet tentarng saryur darn buarh terhardarp pengetarhuarn ibu dengarn nilari p volue 0,001. Ardar pengarruh pemberiarn edukarsi gizi melarlui mediar learflet tentarng saryur darn buarh terhardarp sikarp ibu dengarn nilari p volue 0,001. Ardar pengarruh pemberiarn edukarsi gizi melarlui mediar learflet terhardarp konsumsi saryur pardar ibu dengarn nilari p volue 0,002. Darn ardar pengarruh pemberiarn edukarsi gizi melarlui mediar learflet terhardarp konsumsi buarh pardar ibu dengarn nilari p volue 0,003.
Copyrights © 2025