Journal in Teaching and Education Area
Vol. 2 No. 1 (2025): JITERA - Journal in Teaching and Education Area

Strategi Guru Bk Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Di SMPN 4 Kota Sungai Penuh

Piska, Piola (Unknown)
Nurzen, M. (Unknown)
Mitra, Oki (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi yang digunakan oleh guru Bimbingan dan Konseling (BK) dalam meningkatkan minat belajar siswa di SMP Negeri 4 Sungai Penuh. Masalah rendahnya minat belajar siswa menjadi perhatian utama, karena berdampak pada prestasi akademik dan perkembangan siswa secara keseluruhan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara mendalam dengan guru BK, serta dokumentasi terkait. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang diterapkan meliputi pemberian konseling individu dan kelompok, penguatan motivasi belajar melalui pendekatan personal, serta kerjasama dengan guru mata pelajaran dan orang tua siswa. Selain itu, penggunaan media kreatif dan teknologi dalam konseling terbukti efektif dalam menarik perhatian siswa. Implikasi dari penelitian ini adalah pentingnya peran guru BK dalam menciptakan lingkungan belajar yang mendukung dan strategi yang relevan untuk meningkatkan minat belajar siswa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jitera

Publisher

Subject

Religion Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Journal in Teaching and Education Area is a double-blind, peer-reviewed, open-access journal in the Education and Teaching area. This journal is initialled as JITERA. JITERA journal provides an academic forum for researchers interested in discussing current and future educational and teaching ...