JPI
Vol 7, No 1 (2025)

Faktor-Faktor Penghambat Keterampilan Menyimak di Kelas IV

Suryadi, Tatang (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Feb 2025

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui faktor-faktor yang menjadi penghambat keterampilan menyimak pada lima peserta didik di sekolah dasar negeri Kabupaten Sumedang. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan menggunakan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data melalui tes dan wawancara.  Penelitian ini menggunakan analisis data dengan cara identifikasi data, klasifikasi data, deskripsi data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data dalam penelitian ini melalui triangulasi. Hasil penelitian menunjukan faktor-faktor penghambat keterampilan menyimak peserta didik di antaranya (1) ketidakminatan terhadap mata pelajaran bahasa Indonesia; (2) kurangnya keterlibatan aktif dalam pembelajaran; (3) kurangnya keterampilan bertanya dan rasa takut akan penilaian; (4) kesulitan memahami dan mengingat materi yang diajarkan; (5) pilihan media pembelajaran yang kurang tepat; dan (6) kurangnya dorongan untuk belajar.  Untuk mengatasi kesulitan menyimak siswa di antaranya guru harus menggunakan media pembelajaran yang menarik seperti audio visual selama kegiatan menyimak.

Copyrights © 2025






Journal Info
JPI

Abbrev

penailmiah

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences

Description

Jurnal Pena ilmiah adalah jurnal ilmiah edisi online yang berbasis hasil-hasil penelitian dalam ranah pendidikan guru sekolah dasar. Penelitian meliputi desain penelitian tindakan kelas, eksperimen, studi kasus, dan lain-lain. Scope penelitian meliputi model, metode, strategi, pendekatan, dan media ...