EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 7, No 1 (2025): February

Adaptasi Psychological Well-Being Short Scale pada Mahasiswa

Humaidah, Ananda (Unknown)
Mulyono, Rachmat (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Feb 2025

Abstract

Perkembangan penelitian psychological well-being di Indonesia, cenderung mempunyai keterbatasan dalam alat ukur. Hal ini dikarenakan belum adanya adaptasi skala psychological well-being versi short scale di Indonesia. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengadaptasi alat ukur Ryff Psychological Well-being versi short-scale. Penelitian ini menggunakan enam dimensi dalam psychological well-being yaitu penerimaan, kemandirian, hubungan positif dengan individu lain, penguasaan lingkungan, tujuan hidup, pertumbuhan pribadi dengan jumlah 18 item versi short scale. Partisipan dalam penelitian ini berjumlah 439 mahasiswa. Analisis faktor yang digunakan dalam penelitian ini adalah Confirmatory Factor Analysis (CFA) menggunakan bantuan software Mplus 7. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model skala fit (RMSEA = 0.06) mengukur psychological well-being dan semua item memiliki nilai t > 1.96, tergolong valid. Implikasi penelitian ini adalah alat ukur psychological well-being versi short scale dapat digunakan untuk mengukur variabel psychological well-being pada penelitian selanjutnya.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...