EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 7, No 1 (2025): February

Implementasi Sekolah Ramah Anak di SD: Studi Kasus Pendidikan Inklusif

Marwati, Marwati (Unknown)
Putro, Ahmad Agung Yuwono (Unknown)
Ardiasih, Lidwina Sri (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Feb 2025

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya implementasi konsep Sekolah Ramah Anak (SRA) dalam menciptakan lingkungan pendidikan yang aman, nyaman, serta melindungi hak anak, termasuk mekanisme pengaduan untuk menangani kasus di satuan pendidikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan implementasi SRA dan dampaknya di SDN 1 Sewon. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Subjek penelitian meliputi kepala sekolah, guru, tenaga kependidikan, siswa, orang tua, dan komite sekolah, yang ditentukan dengan teknik purposive sampling. Data dikumpulkan menggunakan model Miles & Huberman, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi SRA di SDN 1 Sewon telah berjalan dengan baik sesuai indikator dalam komponen SRA, meskipun terdapat beberapa indikator yang belum sepenuhnya terpenuhi. Dampak implementasi SRA sangat signifikan, di mana sebanyak 96% responden, yang terdiri dari siswa, guru, dan orang tua, merasakan peningkatan keamanan di sekolah. Selain itu, sebanyak 89% siswa menyatakan merasa lebih nyaman dan senang dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar. Peningkatan partisipasi orang tua dalam mendukung program sekolah juga tercatat meningkat sebesar 75% setelah penerapan SRA. Kontribusi penelitian ini terhadap literatur adalah memberikan bukti empiris mengenai efektivitas penerapan SRA dalam meningkatkan keamanan, kenyamanan, dan partisipasi berbagai pihak di lingkungan sekolah dasar. Selain itu, penelitian ini juga menyoroti praktik baik dalam implementasi SRA, yang dapat dijadikan referensi bagi sekolah lain dalam mengadopsi kebijakan serupa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...