Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan
Vol 11 No 2.A (2025): Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan 

Performansi Otografi Anak Penyandang Disleksia Berusia 12 Tahun di Karangtengah – Cilegon

Muftiyah, Muftiyah (Unknown)
Rosidin, Odien (Unknown)
Tisnasari, Sundawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan performansi otografi atau bentuk bahasa tulis anak disleksia berusia 12 tahun di Karangtengah-Cilegon dan cara-cara meningkatkan kemampuan menulis anak diseksia. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif untuk mendeskripsikan data. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data melalui metode agih dengan teknik-teknik lanjutan, yaitu; (1) teknik lesap (delisi); (2) teknik ganti (subtitusi); (3) teknik sisip (interupsi); dan (4) teknik balik (permutasi). Data dianalisis sesuai dengan data-data yang telah dikelompokan berdasarkan bentuk bahasa tulis anak disleksia yang ditemukan. Sumber data penelitian ini adalah anak penyandang disleksia berusia 12 tahun di Karangtengah-Cilegon dengan inisial AA. Data penelitian dalam penelitian ini adalah tulisan, yaitu berupa kata. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa performansi otografi atau bentuk bahasa tulis anak disleksia berusia 12 tahun di Karangtengah-Cilegon sebanyak 33 data dan dapat diklasifikasikan sebagai berikut; (1) penghilangan huruf sebanyak 15 data; (2) penambahan huruf sebanyak 4 data; (3) pembalikan huruf sebanyak 3 data; (4) penggantian huruf sebanyak 4 data; dan (5) bentuk bahasa tulis disleksia gabungan sebanyak 7 data.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JIWP

Publisher

Subject

Religion Education Social Sciences Other

Description

Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan (JIWP) Diterbitkan sebagai upaya untuk mempublikasikan hasil-hasil penelitian dan temuan di bidang pendidikan . Jurnal ini terbit 4 bulanan, yaitu bulan April, Agustus dan Desember. *Ruang Lingkup* Memuat hal kajian, analisis, dan penelitian tentang perancangan, ...