SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan
Vol 9, No 2 (2025): March

Pemberdayaan kelompok pengolahan-pemasaran (Poklahsar) dalam rangka peningkatan ekonomi masyarakat nelayan

Marna, Jean Elikal (Unknown)
Adrian, Arif (Unknown)
Juita, Novia (Unknown)
Zona, Mega Asri (Unknown)
Zulvia, Yolandafitri (Unknown)
Handayani, Dian Fitria (Unknown)
Hayati, Annur Fitri (Unknown)
Oknaryana, Oknaryana (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Mar 2025

Abstract

Abstrak Kegiatan ini dilaksanakan pada Kelompok Pengolahan dan Pemasaran Ikan Kasiak Badoro, Kota Padang. Kelompok ini berfokus pada pengolahan ikan menjadi ikan kering yang dijual di pasar, perkantoran, dan secara online. Kelompok ini belum bisa memasarkan produknya ke pasar swalayan karena belum memiliki logo merek dan izin PIRT (Produk Industri Rumah Tangga) sebagai syarat untuk memasarkan produk di sana. Kelompok ini juga belum mengetahui cara mengurus PIRT. Untuk pemasaran secara online, kelompok ini memanfaatkan media sosial Facebook untuk menjual produknya namun hanya melalui akun ketua Poklahsar. Pemasaran di media sosial dilakukan hanya sebagai usaha sampingan apabila terjadi kelebihan produk yang dihasilkan. Untuk mengatasi permasalahan mitra, maka dilakukan kegiatan pendampingan dan pelatihan dengan hasil sebagai berikut: (1) Kelompok dapat membuat produk olahan ikan menjadi makanan olahan siap saji atau Frozen Food, (2) Kelompok memiliki pemahaman terkait pendaftaran PIRT, dan (3) Kelompok memiliki keterampilan dalam memasarkan produk secara online. Kata kunci: nelayan; pemasaran; manajemen. Abstract This community service was held at the Kasiak Badoro Processing and Marketing Group in Padang City. This group focuses on processing fish into dried fish sold in markets, offices, and online. The group has not been able to market its product to supermarkets because it does not yet have a brand logo and PIRT (Household Industry Food) permit as a requirement to market products there. The group also does not know how to apply for PIRT. For online marketing, the group uses Facebook social media to sell its products but only through the account of the Poklahsar chairman. To overcome various problems, training and focus group discussions were carried out with the following results: (1) The group can make processed fish products into ready-to-eat processed foods or Frozen Food, (2) The group has an understanding related to PIRT registration, and (3) The group has skills in marketing products online. Keywords: fishermen;  marketing; management.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jpmb

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Computer Science & IT Control & Systems Engineering Economics, Econometrics & Finance Education Engineering Environmental Science Health Professions Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Medicine & Pharmacology Nursing Public Health Social Sciences Other

Description

SELAPARANG : Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan merupakan jurnal yang mendiseminasikan setiap pemikiran dan ide gagasan atas hasil penelitian dan pemanfaatan teknologi untuk diimplementasikan kepada masyarakat mencakup ; (1). Bidang ilmu pengetahuan ; MIPA (Matematika, Fisika, Kimia, Biologi), ...