Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran seni rupa menggunakan metode demonstrasi di kelas 2B SD inpres Perumnas. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklsus. Desain penelitian ini menggunakan model penelitian Kemmis dan Mc Tagart yang terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian 27 siswa yang terdiri dari 17 laki-laki dan 10 perempuan di kelas 2B SD Inpres Perumnas. Tempat dilaksanakannya penelitian ini di sekolah tempat PPL peneliti yaitu SD Inpres Perumnas dan waktu penelitian dilakukan pada tanggal 01 Agustus sampai 30 Agustus tahun 2024. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah metode demonstrasi sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar mata pelajaran seni rupa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan Tes. Teknik analisis data yang digunakan mengacu pada kriteria ketuntasan klasikal yaitu suatu kelas dikatakan tuntas belajarnya jika di dalam kelas terdapat ≥85% siswa yang telah tuntas belajarnya mencapai nilai KKM. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan metode demonstrasi terbukti meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran seni rupa di kelas 2B SD Inpres Perumnas. Hasil belajar sebelum metode demonstrasi di terapkan yaitu pra siklus dengan mememberikan asesmen awal siswa yang berjumlah 27, yang tuntas hanya 11 siswa dan yang tidak tuntas 16 siswa. Dengan presentase 40,74%. Kemudian setelah dilakukannya penelitian dengan menerapkan metode demonstrasi pada siklus I terjadi peningkatan dimana dari 27 siswa yang tuntas 19 siswa sementara yang tidak tuntas 8 siswa dengan presentase ketuntasan klasikal yaitu 70,37%. Pada siklus II terjadi lagi peningkatan dibandingkan siklus I dimana dari 27 siswa, yang tuntas 24 siswa mencapai nilai KKM (70) sementara yang tidak tuntas 3 siswa, dengan presentase ketuntasan klasikal sebesar 88,89% yang sudah memenuhi kriteria ketuntasan klasikal yang ditentukan yaitu ≥85%.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025