Kognitif: Jurnal Riset HOTS Pendidikan Matematika
Vol. 5 No. 1 (2025): January - March 2025

Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematics Education terhadap Kemampuan Literasi Matematis Siswa

Laia, Wasnidar (Unknown)
Telaumbanua, Yakin Niat (Unknown)
Mendrofa, Netti Kariani (Unknown)
Mendrofa, Ratna Natalia (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Mar 2025

Abstract

Hasil studi pendahuluan kami menunjukkan bahwa pemilihan metode pembelajaran yang digunakan masih bersifat konvensional dan rendahnya kemampuan literasi matematis siswa dalam menyelesaikan soal matematika. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) terhadap Kemampuan Literasi Matematis. Kami menggunakan desain experiment dengan Nonequivalent Control Group Design. Sebanyak 60 siswa yang terlibat dalam penelitian ini berasal dari siswa kelas IX UPTD SMP Negeri 5 Gunungsitoli. Kami menggunakan instrumen tes kemampuan literasi matematis siswa. Data yang dikumpulkan, kemudian dianalisis secara deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan pengujian hipotesis satu pihak, diperoleh thitung sebesar 8,734 dan ttabel sebesar 1,671 yang berarti bahwa terdapat pengaruh pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) terhadap Kemampuan Literasi Matematis Siswa

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

kognitif

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Library & Information Science Mathematics Social Sciences Other

Description

Tujuan dari jurnal ini adalah untuk mempublikasikan penelitian berkualitas tinggi di bidang pendidikan matematika yang berkaitan dengan Higher Order Thinking Skills (HOTS) termasuk berpikir kritis, berpikir kreatif, penalaran matematis, pemahaman matematis, dll. Kami juga meneima riset tentang ...