Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui perbedaan aktivitas belajar dan hasil belajar matematika melalui model pembelajaran kooperatif tipe team games tournament (TGT) dengan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada siswa kelas V SDN 1 Segeri. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain Counterbalanced Design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas V Gugus I Kecamatan Segeri yang terdiri dari 7 sekolah dengan jumlah keseluruhan siswa adalah 345. Sekolah yang terpilih menjadi sampel adalah SDN 1 Segeri dengan kelas VA sebagai kelas eksperimen 2 dengan jumlah siswa 28, dan kelas VB sebagai kelas eksperimen 1 dengan jumlah siswa 27. Data yang diperoleh dianalisis dengan uji normalitas dan homogenitas kemudian dilanjutkan dengan uji hipotesis menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil pengujian hipotesis menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0.742 > 0.05, maka H0 diterima dan Ha ditolak. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat perbedaan aktivitas belajar dan hasil belajar matematika melalui model pembelajaran kooperatif tipe team games tournament (TGT) dengan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw pada siswa kelas V SDN 1 Sigeri.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024