Kognitif: Jurnal Riset HOTS Pendidikan Matematika
Vol. 5 No. 1 (2025): January - March 2025

Analisis Kesalahan Konseptual Siswa dalam Pembelajaran Aljabar: Studi Kasus di Sekolah Menengah Atas

Asyhara, Suryatul Aini (Unknown)
Desmayanasari, Dwi (Unknown)
Noprisa, Noprisa (Unknown)
Efendi, Deni (Unknown)
Lestari, Fitria (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Mar 2025

Abstract

Kesalahan konseptual dalam belajar aljabar, yang sering disebabkan oleh kesalahpahaman terhadap konsep dasar seperti variabel dan koefisien, menjadi penghalang signifikan bagi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis kesalahan konseptual yang sering dilakukan siswa saat belajar aljabar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan melibatkan 25 siswa kelas XI MIPA yang akan menjadi subjek penelitian di MA Mathla'ul Anwar Kedondong pada semester ganjil tahun 2024/2025. Data dikumpulkan melalui ujian tertulis yang terdiri dari lima soal uraian. Analisis data menggunakan metode berikut: 1) mengoreksi jawaban siswa; 2) menemukan kesalahan dalam jawaban siswa; 3) menghitung persentase kesalahan; 4) menganalisis data hasil perhitungan secara deskriptif; dan 5) membuat kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase kesalahan siswa adalah: 1) Kesalahan yang disebabkan oleh kurangnya ketelitian dan kecerobohan sebesar 48%; 2) Kesalahan yang berkaitan dengan keterampilan dalam melaksanakan proses sebesar 32%; 3) kesalahan konseptual siswa sebesar 60%. Kesalahan konseptual siswa dapat dibagi menjadi dua kategori utama (indikator), yaitu kesalahan yang disebabkan oleh kurangnya pemahaman konsep terkait soal yang diberikan dan kesalahan akibat ketidakmampuan dalam menentukan hubungan yang ada dalam masalah. Faktor-faktor yang mempengaruhi kesalahan tersebut antara lain terburu-buru, kurangnya latihan, pemahaman yang terbatas, serta kurangnya konsentrasi saat mengerjakan soal.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

kognitif

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Library & Information Science Mathematics Social Sciences Other

Description

Tujuan dari jurnal ini adalah untuk mempublikasikan penelitian berkualitas tinggi di bidang pendidikan matematika yang berkaitan dengan Higher Order Thinking Skills (HOTS) termasuk berpikir kritis, berpikir kreatif, penalaran matematis, pemahaman matematis, dll. Kami juga meneima riset tentang ...