Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dalam kegiatan workshop penguatan pembelajaran paradigma baru dan projek penguatan profil pelajar pancasila (P5). Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Projek penguatan profil pelajar pancasila di SMP Negeri 2 Sumber Malang dan SMP Negeri 1 Kalianget Kabupaten Situbondo dalam tahap persiapan. Mendesain P5 diawali dengan pemilihan tim fasilitator projek, selanjutnya mengukur kesiapan selolah dan memilih tema umum. SMP Negeri 2 Sumber Malang dan SMP Negeri 1 Kalianget Kabupaten Situbondo memilih 2 dimensi dalam pengimplementasian P5 yaitu beriman, bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa dan berakhlak mulia; dan dimensi kreatif. Kata kunci: Workshop, Projek, Profil Pelajar Pancasila
Copyrights © 2024