Jurnal Paradigma Pengabdian
Vol 1 No 1 (2024): Edisi : November

WORKSHOP PENGUATAN PEMBELAJARAN PARADIGMA BARU DAN PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5) DI SMP NEGERI 2 SUMBER MALANG DAN SMP NEGERI 1 KALIANGET KABUPATEN SITUBONDO

Sumardiyanto, Sumardiyanto (Unknown)
Dassucik, Dassucik (Unknown)
Rasyidi, Ahmad Hafas (Unknown)
Endang Sri D., Lusi (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Jan 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dalam kegiatan workshop penguatan pembelajaran paradigma baru dan projek penguatan profil pelajar pancasila (P5). Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Projek penguatan profil pelajar pancasila di SMP Negeri 2 Sumber Malang dan SMP Negeri 1 Kalianget Kabupaten Situbondo dalam tahap persiapan. Mendesain P5 diawali dengan pemilihan tim fasilitator projek, selanjutnya mengukur kesiapan selolah dan memilih tema umum. SMP Negeri 2 Sumber Malang dan SMP Negeri 1 Kalianget Kabupaten Situbondo memilih 2 dimensi dalam pengimplementasian P5 yaitu beriman, bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa dan berakhlak mulia; dan dimensi kreatif. Kata kunci: Workshop, Projek, Profil Pelajar Pancasila

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

paradigma

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Jurnal Paradigma merupakan jurnal pengabdian kepada mayarakat yang diterbitkan oleh FKIP UNARS dibawah pengelolaan Tim FKIP Press. Jurnal Paradigma mempublikasikan naskah-naskah artikel ilmiah dari kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PkM) dari berbagai disiplin ilmu. Jurnal Paradigma menerima ...