Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui disiplin belajar siswa sebelum sesudah, dan keefektivitasan konseling kelompok dengan teknik positive reinforcement terhadap peningkatan disiplin belajar siswa yang masih rendah di SMAN 1 Banjarmasin. Penelitian ini termasuk dalam penelitian kuantitatif metode eksperimen dengan desain penelitian one group pretest-posttest design. Populasi penelitian ini yaitu kelas X4 dan X6. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu purposive random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan angket disiplin belajar, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan SPSS ver.23, uji persyaratan, ujit-test dan Gain Ternormalisasi (N-Gain). Hasil penelitian menunjukkan adanya perubahan setelah diberikan layanan konseling kelompok dengan teknik positive reinforcement dengan rata-rata nilai pretest 75 dan nilai rata-rata posttest 126,75. Pengujian menggunakan uji t-test menunjukkan bahwa t hitung > t tabel (16,180 > 3,182) atau sig (2-tailed) < 0,05 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan perhitungan N-Gain yakni 0,6891 maka diperoleh kategori sedang dengan perolehan rata-rata nilai N-Gain 68,9142 maka treatment yang diberikan cukup efektif dengan nilai minimum 56 dan nilai maksimum 75. Implikasi dari penelitian ini adalah memberikan referensi terkait Teknik Positive Reinforcement pada siswa.
Copyrights © 2025