Ulil Albab
Vol. 1 No. 3: Februari 2022

Pengembangan Media Pop Up Book Dalam Meningkatkan Membaca Permulaan Anak Kelompok B

Leny Marlina (UIN Raden Fatah Palembang)
Indah Dwi Sartika (UIN Raden Fatah Palembang)
Elsya Septiana (UIN Raden Fatah Palembang)



Article Info

Publish Date
04 Feb 2022

Abstract

Penelitian ini berjudul “Pengembangan Media Pop Up Book Dalam Meningkatkan Membaca Permulaan Anak Kelompok B Di RA Perwanida 4 Palembang”. Penelitian dilakukan berdasarkan kebutuhan media yang bervariasi sehingga mampu meningkatkan membaca permulaan pada anak usia dini di RA Perwanida 4 Palembang anak kelompok B (5-6 tahun) yang masih rendah. Rumusan masalah yaitu bagaimana media pop up book dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak kelompok B di RA Perwanida 4 Palembang yang valid, praktis dan efektif dengan tujuan media mampu meningkatkan kemampuan membaca permulaan dan menarik minat anak dalam membaca. Metodologi penelitian ini menggunakan pendekatan Research And Development (R&D) Borg and Gall. Teknik pengumpulan data secara wawancara, observasi, angket serta dokumentasi. Hasil penilaian produk oleh ahli materi validasi tahap I 82% sangat valid, validasi tahap II 97% sangat valid. Penilaian ahli media validasi tahap I 93% sangat valid, validasi tahap II 98% sangat valid. Uji coba lapangan awal skor 90% sangat praktis, uji coba lapangan utama 91,5% sangat praktis. Uji keefektifan dengan melakukan pre test 31,4% dan post test 75,6% efektif serta media pop up book berpengaruh dalam peningkatan kemampuan membaca permulaan dilihat dari keefektifannya.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JIM

Publisher

Subject

Religion Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

ULIL ALBAB : Jurnal Ilmiah Multidisiplin diterbitkan oleh CV. ULIL ALBAB CORP. ULIL ALBAB : Jurnal Ilmiah Multidisplin menerbitkan artikel bidang multidisiplin, termasuk : Pendidikan, Hukum, Ekonomi, Agama, Pendidikan, Kesehatan, Teknik, Kebijakan Publik, Pariwisata, Sosial dan Politik, Budaya, ...