Ulil Albab
Vol. 1 No. 8: Juli 2022

Implementasi Metode Ummi dalam Pembelajaran Al-Qur’an Jam’iyyah RBQ (Rumah Belajar Al-Qur’an) Baitunnur Blora

Nuria Amrina Rosyada (Pascasarjana Pendidikan Agama Islam, IAIN Salatiga)
Mukh Nursikin (Pascasarjana Pendidikan Agama Islam, IAIN Salatiga)



Article Info

Publish Date
07 Jul 2022

Abstract

Pendidikan merupakan suatu hal yang memiliki peran amat penting dalam kehidupan. Pendidikan merupakan awal dari sebuah perubahan. Belajar Al-Qur’an merupakan bagian dari pendidikan yang berfungsi sebagai petunjuk dan pedoman hidup bagi umat islam, yang didalamnya memuat berbagai sumber ajaran islam untuk meraih kebahagian dunia dan akhirat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pelaksanaan penerapan Metode Ummi dalam Meningkatkan Kemampuan Mengaji Jam’iyyah RBQ (Rumah Belajar Alqur’an) Baitunnur, pengaruh metode ummi pada kemampuan mengaji Al Qur’an jam’iyyah RBQ (Rumah Belajar Alqur’an), serta peran ustadz/ ustadzah dalam meningkatkan kemampuan mengaji Al Qur’an jam’iyyah RBQ (Rumah Belajar Alqur’an) di Yayasan Masjid Agung Baitunnur Blora. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui 1) wawancara, 2) observasi, dan 3) studi dokumentasi.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JIM

Publisher

Subject

Religion Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

ULIL ALBAB : Jurnal Ilmiah Multidisiplin diterbitkan oleh CV. ULIL ALBAB CORP. ULIL ALBAB : Jurnal Ilmiah Multidisplin menerbitkan artikel bidang multidisiplin, termasuk : Pendidikan, Hukum, Ekonomi, Agama, Pendidikan, Kesehatan, Teknik, Kebijakan Publik, Pariwisata, Sosial dan Politik, Budaya, ...