Fokus utama dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi program asrama dalam peningkatan kemampuan berbahasa Arab mahasiswi Ma’had Al-Birr Universitas Muhammadiyah Makassar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan analisis deskriptif yang mengambil lokasi di Ma’had Al-Birr Universitas Muhammadiyah Makassar. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik observasi (pengamatan), wawancara (interview) dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi program asrama pada peningkatan kemampuan berbahasa Arab mahasiswi Ma’had Al-Birr Universitas Muhammadiyah Makassar adalah dengan; 1) kewajiban berbahasa Arab di area kampus dan asrama, 2) pemberian mufrodat secara rutin tiap hari, 3) wajib membawa buku saku mufrodat Bahasa Arab setiap saat. Faktor pendukung keberhasilan implementasi program asrama dalam peningkatan kemampuan berbahasa Arab mahasiswi, diantaranya adalah faktor lingkungan Bahasa yang kondusif, aturan dan tata tertib yang mendukung praktek berbahasa Arab, penerapan sanksi bagi yang melanggar program Bahasa, serta kontrol dan evaluasi yang terus dilakukan oleh para pembina dan dosen ma’had Al-Birr Unismuh Makassar. Sedangkan yang menjadi faktor penghambat, antara lain yaitu; banyaknya mahasiswi belum mampu membaca Alqur’an secara tartil, serta pengaruh dari mahasiswi non-asrama.
Copyrights © 2022