Ulil Albab
Vol. 1 No. 10: September 2022

Implementasi Program Asrama dalam Peningkatan Kemampuan Berbahasa Arab Mahasiswi Ma’had Al-Birr Universitas Muhammadiyah Makassar

Risnawati Risnawati (Universitas Muhammadiyah Makassar)
M. Ilham Muchtar (Universitas Muhammadiyah Makassar)
Nasruni Nasruni (Universitas Muhammadiyah Makassar)



Article Info

Publish Date
19 Sep 2022

Abstract

Fokus utama dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi program asrama dalam peningkatan kemampuan berbahasa Arab mahasiswi Ma’had Al-Birr Universitas Muhammadiyah Makassar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan analisis deskriptif yang mengambil lokasi di Ma’had Al-Birr Universitas Muhammadiyah Makassar. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik observasi (pengamatan), wawancara (interview) dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi program asrama pada peningkatan kemampuan berbahasa Arab mahasiswi Ma’had Al-Birr Universitas Muhammadiyah Makassar adalah dengan; 1) kewajiban berbahasa Arab di area kampus dan asrama, 2) pemberian mufrodat secara rutin tiap hari, 3) wajib membawa buku saku mufrodat Bahasa Arab setiap saat. Faktor pendukung keberhasilan implementasi program asrama dalam peningkatan kemampuan berbahasa Arab mahasiswi, diantaranya adalah faktor lingkungan Bahasa yang kondusif, aturan dan tata tertib yang mendukung praktek berbahasa Arab, penerapan sanksi bagi yang melanggar program Bahasa, serta kontrol dan evaluasi yang terus dilakukan oleh para pembina dan dosen ma’had Al-Birr Unismuh Makassar. Sedangkan yang menjadi faktor penghambat, antara lain yaitu; banyaknya mahasiswi belum mampu membaca Alqur’an secara tartil, serta pengaruh dari mahasiswi non-asrama.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JIM

Publisher

Subject

Religion Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

ULIL ALBAB : Jurnal Ilmiah Multidisiplin diterbitkan oleh CV. ULIL ALBAB CORP. ULIL ALBAB : Jurnal Ilmiah Multidisplin menerbitkan artikel bidang multidisiplin, termasuk : Pendidikan, Hukum, Ekonomi, Agama, Pendidikan, Kesehatan, Teknik, Kebijakan Publik, Pariwisata, Sosial dan Politik, Budaya, ...