Ulil Albab
Vol. 2 No. 5: April 2023

Penerapan CODACC Learning pada Kajian Ilmu Falak Berbasis Kurikulum Merdeka di IAIN Langsa

Asih Pertiwi (Institute Agama Islam Negeri Langsa)
Agus Nurhadi (Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang)



Article Info

Publish Date
12 Apr 2023

Abstract

Menerapkan model pembelajaran pada mahasiswa sangat penting dalam proses pembelajaran Ilmu Falak. Model pembelajaran konvensional dianggap kurang tepat karena mahasiswa tidak dilibatkan secara aktif, sehingga tidak bisa menerapkan apa yang telah mereka pelajari saat terjun ke masyarakat. Oleh karena itu harus ada metode alternatif yang bisa diterapkan untuk meningkatkan efektifitas pembelajaran yang berpengaruh pada kualitas mahasiswa. Penelitian ini menggunakan eksperimen di kelas mata kuliah ilmu falak, dengan 29 mahasiswa. Data dikumpulkan melalui pengamatan terlibat, tes sebelum dan sesudah penerapan CODACC Learning. Hasil kajian ini menunjukkan bahwa penerapan model CODAAC Learning dapat meningkatkan kualitas mahasiswa pada pembelajaran Ilmu Falak. Hal ini juga sejalan dengan tujuan dari Kurikulum Merdeka Belajar yang berfokus pada materi yang essensial dan fleksibel.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JIM

Publisher

Subject

Religion Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

ULIL ALBAB : Jurnal Ilmiah Multidisiplin diterbitkan oleh CV. ULIL ALBAB CORP. ULIL ALBAB : Jurnal Ilmiah Multidisplin menerbitkan artikel bidang multidisiplin, termasuk : Pendidikan, Hukum, Ekonomi, Agama, Pendidikan, Kesehatan, Teknik, Kebijakan Publik, Pariwisata, Sosial dan Politik, Budaya, ...