Peran orang tua dalam meningkatkan motivasi belajar Bahasa arab siswa MA Muhammadiyah Bontorita Galesong Takalar. Dibimbing oleh Hj. Fatmawati dan Nasruni. Penelitian bertujuan untuk mengetahui peranan orang tua dalam meningkatkan motivasi belajar Bahasa arab siswa MA Muhammadiyah Bontorita. Jenis penelitian menggunakan penelitian kualitatif, penelitian di laksanakan di MA Muhammadiyah Bontorita kelas XII MIA 1 dengan subyek 4 siswa dan 4 orang tua siswa. Penentuan subyek penelitian diambil dari siswa yang memiliki nilai tertinggi dan nilai terendah di ulangan semester ganjil. Seluruh data primer yang di perlukan dalam penelitian ini diperoleh melalui instrumen penelitian berupa observasi, wawancara dan dokumentasi, dengan menggunakan Teknik analisis data berupa, reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Peran orang tua terhadap motivasi belajar bahasa arab, yaitu memberikan rasa perhatian, mengenali kesulitannya serta memberikan fasilitas yang dibutuhkan, sehingga menumbuhkan rasa ingin belajar dan terus belajar dalam menggapai impian dan cita-citanya. 2) Hambatan yang dihadapi orang tua dalam memotivasi belajar bahasa arab, terbatasnya waktu yang dimiliki orang tua untuk mendampingi anaknya belajar. Kadang kala anak menjadi manja dan menginginkan setiap permintaanya dipenuhi. Kurangnya minat belajar anak dibidang bahasa arab, Kurangnya kecakapan orang tua dalam memilih cara motivasi yang dapat mendukung kegiatan belajar anak.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023