Ulil Albab
Vol. 2 No. 6: Mei 2023

Studi Komparasi Kemampuan Membaca Teks Arab Siswa Kelas VIII.1 Dengan Siswa Kelas VIII.2 di MTs Muhammadiyah Tallo

Siti Nurjannah (Unknown)
Nur Fadilah Amin (Unknown)
Anshar Sultan (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Apr 2023

Abstract

Studi Komparasi Kemampuan Membaca Teks Arab Siswa Kelas VIII.1 Dengan Siswa Kelas VIII.2 Di MTs Muhammadiyah Tallo. Tujuan penelitian untuk mengetahui: 1) Kemampuan membaca teks Arab kelas VIII.1 dengan kelas VIII.2 di MTs Muhammadiyah Tallo, 2) Perbandingan kemampuan membaca teks Arab kelas VIII.1 dengan kelas VIII.2 di MTs Muhammadiyah Tallo. Jenis penelitian adalah komparasi, peneliti menguji perbedaan dua kelompok atau lebih dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode pengumpulan data berupa tes secara lisan, dokumentasi, dan analisis data menggunakan aplikasi SPSS 25. Hasil penelitian menunjukkan, 1) Kemampuan membaca teks Arab kelas VIII.1 termasuk dalam kategori baik. Hal ini dibuktikan dengan nilai rata-ratanya adalah 84. Dan kemampuan membaca teks Arab kelas VIII.2 termasuk dalam kategori cukup. Hal ini dibuktikan dengan diketahui rata-ratanya adalah 62,4. 2) Berdasarkan pada uji hipotesis diperoleh hasil t adalah 5,345. Sedangkan t tabel untuk taraf signifikansi 5% yaitu 5,049. ini berarti nilai t yang diperoleh dalam perhitungan yaitu t = 5,345 > = 5,049 lebih besar dari t tabel pada taraf signifikansi 5% artinya terdapat perbedaan, maka H₀ ditolak dan Hₐ diterima. Artinya hasil hipotesis menunjukkan bahwa Hₐ “Terdapat perbedaan kemampuan membaca teks Arab antara siswa kelas VIII.1 dengan siswa kelas VIII.2 di MTs Muhammadiyah Tallo”.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JIM

Publisher

Subject

Religion Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

ULIL ALBAB : Jurnal Ilmiah Multidisiplin diterbitkan oleh CV. ULIL ALBAB CORP. ULIL ALBAB : Jurnal Ilmiah Multidisplin menerbitkan artikel bidang multidisiplin, termasuk : Pendidikan, Hukum, Ekonomi, Agama, Pendidikan, Kesehatan, Teknik, Kebijakan Publik, Pariwisata, Sosial dan Politik, Budaya, ...