Dengan pemberian makanan yang bergizi dan berimbang tentunya akan meningkatkan satus gizi maupun peningkatan kadar hemoglobin darah. Ini didukung dengan pola tidur yang teratur darih anak sekoah dasar. Tentunya membutuhkan kerjasama antara guru serta orang tua murid sehingga dapat menigkatkan prestasi belajar dari anak sekolah dasar. Mengetahui Pengaruh Intervensi Gizi Terhadap Status Gizi, Durasi Tidur, Kadar Hb Dan Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar Negri Fatukanutu Kabupaten Kupang. Penelitian ini merupakan penelitian cross-sectional. Sampel penelitian ini adalah 38 orang. Teknik pengambilan sampel adalah Total sampling. Teknik pengumpulan data untuk penelitian ini meliputi kuesioner durasi tidur, status gizi dinilai dengan pengukuran antropometri, kadar Hb diukur dengan pengambilan sampel darah, dan hasil pembelajaran diambil dari nilai awal sebelum intervensi dan nilai akhir sesudah intervensi. Teknik analisis data adalah uji-t. Penelitian menunjukkan bahwa edukasi gizi berupa penyuluhan dan pemberian makanan tambahan tidak berpengaruh nyata terhadap status gizi siswa. Hasil uji-t pengaruh edukasi gizi dan pemberian makanan tambahan terhadap kadar HB dengan nilai P-value 0,000 (P-value<0,05). Berdasarkan hasil uji beda (T-test) diketahui bahwa P-value sebesar 0,009 (P-value 0,05), yang menunjukkan bahwa edukasi gizi berupa penyuluhan dan pemberian makanan tambahan berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa. Dengan demikian disimpulkan bahwa anak sekolah memerlukan asupan yang cukup dan kerjasama yang baik dengan pihak sekolah dan orang tua untuk meningkatkan hasil akademiknya.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023