Ulil Albab
Vol. 2 No. 9: Agustus 2023

Pendidikan Islam di Abad 21

Heny Kusmawati (Sekolah Tinggi Agama Islam Pati)
Abdul Jalil Nurus Shobah (STAIP PATI)
Erfina Diah Kusumawati (Sekolah Tinggi Agama Islam Pati)
Widya Fatmawati (Sekolah Tinggi Agama Islam Pati)



Article Info

Publish Date
23 Jul 2023

Abstract

Pendidikan Islam di Abad 21 telah mengalami banyak perkembangan dan perubahan. Dalam era digitalisasi dan globalisasi, pendidikan Islam perlu mengikuti perkembangan zaman agar dapat memberikan kontribusi yang signifikan dalam pembangunan umat Islam. Pendidikan abad 21 memegang peran yang sangat penting dalam mempersiapkan siswa untuk menghadapi tantangan dan kesempatan di era digital dan globalisasi saat ini. Pendidikan abad 21 berfokus pada pengembangan keterampilan generik yang dibutuhkan oleh siswa seperti kreativitas, kritis, kolaboratif, komunikatif, dan berpikir tingkat tinggi. Metode pengajaran yang digunakan juga berbeda dengan pendidikan tradisional, di mana teknologi menjadi alat yang sangat penting dalam pembelajaran. Pendidikan abad 21 menekankan pada pembelajaran seumur hidup dan mempersiapkan siswa untuk memecahkan masalah nyata dan terlibat dalam proyek kolaboratif yang lebih luas. Selain itu, pendidikan abad 21 juga menekankan pada pengembangan kemampuan beradaptasi dan pemecahan masalah dalam lingkungan yang cepat berubah. Oleh karena itu, pendidikan abad 21 harus mengikuti perkembangan teknologi dan memberikan pelatihan yang diperlukan untuk siswa agar dapat bersaing di era global saat ini.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JIM

Publisher

Subject

Religion Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

ULIL ALBAB : Jurnal Ilmiah Multidisiplin diterbitkan oleh CV. ULIL ALBAB CORP. ULIL ALBAB : Jurnal Ilmiah Multidisplin menerbitkan artikel bidang multidisiplin, termasuk : Pendidikan, Hukum, Ekonomi, Agama, Pendidikan, Kesehatan, Teknik, Kebijakan Publik, Pariwisata, Sosial dan Politik, Budaya, ...