Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya perbedaan hasil belajar siswa berdasarkan latar belakang pekerjaan orang tua dan metode pembelajaran yang digunakan oleh guru pada mata pelajaran digital preneurship di Sekolah Alam Pangrango. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif. Populasi penelitian yang digunakan adalah Sekolah Alam Pangrango, sedangkan sampel yang digunakan berjumlah 24 siswa. Teknik pengambilan sampling menggunakan Cluster Sampling yang mengacu pada siswa yang memiliki latar belakang pekerjaan orang tuanya sebagai peternak, petani, dan pedagang. Teknik analisis data menggunakan aplikasi Statistical Package for the Social Sciences (SPSS) dengan Two Way Anova untuk menguji hipotesis penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa berdasarkan latar belakang pekerjaan orang tua yang dibuktikan dengan nilai signifikan 0,018 (sig. < 0,05). Hasil penelitian ini juga menunjukkan tidak terdapat perbedaan hasil belajar siswa berdasarkan metode pembelajaran yang dibuktikan dengan nilai signifikan 0,321 (sig. > 0,05). Serta tidak adanya interaksi hasil belajar siswa antara latar belakang pekerjaan orang tua dan metode pembelajaran yang dibuktikan dengan nilai signifikan 0,660 (sig. > 0,05). Rekomendasi untuk penelitian selanjutnya dapat mengungkap hal yang tidak signifikan dengan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif, sehingga informasi yang diperoleh lebih mendalam, jelas, dan rigid.
Copyrights © 2023