Penelitian ini berfokus pada menganalisis kesalahan yang dilakukan oleh siswa dalam menyelesaikan soal matematika materi satuan berat dengan mengacu pada 5 jenis kesalahan diantaranya kesalahan membaca, kesalahan memahami soal, kesalahan transformasi, kesalahan keterampilan proses dan kesalahan penulisan jawaban pada siswa kelas II SDN 51 Sungai Raya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif jenis penelitian deskriftif kualitatif dengan menggunakan instrumen lembar checklist. Peneliti dalam penelitian ini mengumpulkan data dengan dokumentasi. Sumber data utama yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas II yang berjumlah 26 siswa dan jawaban siswa kelas II tahun ajaran 2022/2023. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada 5 jenis kesalahan yang dilakukan oleh siswa diantaranya kesalahan membaca, kesalahan memahami soal, kesalahan transformasi, kesalahan keterampilan proses dan kesalahan penulisan jawaban. Berdasarkan analisis yang dilakukan oleh peneliti, sebanyak 12 dari 26 siswa atau 46,51% siswa melakukan kesalahan transformasi masalah, sebanyak 10 dari 26 siswa atau 38,44% melakukan kesalahan membaca soal dan kesalahan keterampilan proses, sebanyak 9 dari 26 siswa atau 34,61% melakukan kesalahan memahami masalah dan sebanyak 4 dari 26 siswa atau 15,39% melakukan kesalahan penulisan jawaban dalam menyelesaikan soal cerita matematika materi satuan berat.
Copyrights © 2024