Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi implementasi program Training Dakwah dalam meningkatkan pengetahuan Islam santri di Pondok Pesantren Ibnu Sina Sangatta Utara. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, yang memungkinkan untuk mendapatkan pemahaman yang mendalam tentang fenomena yang diteliti. Pendekatan kualitatif memungkinkan peneliti untuk menjelajahi kompleksitas implementasi program Training Dakwah serta dampaknya terhadap pengetahuan Islam santri secara holistik. Penelitian ini akan melibatkan observasi partisipatif, wawancara mendalam dengan pengurus pesantren, guru, dan santri, serta analisis dokumen terkait program training dakwah dan kurikulum pesantren. Data akan dikumpulkan melalui pengamatan langsung terhadap proses pembelajaran, interaksi antara guru dan santri, serta kegiatan ekstrakurikuler yang terkait dengan pengembangan training dakwah. Wawancara mendalam akan dilakukan untuk mendapatkan wawasan yang lebih dalam tentang persepsi dan pengalaman peserta terkait dengan program ini. Analisis dokumen akan mencakup penelusuran terhadap dokumen resmi pesantren, seperti rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), materi pelajaran, dan evaluasi hasil belajar. Data yang terkumpul akan dianalisis secara tematik, dengan mengidentifikasi pola-pola, tema-tema, dan hubungan antar konsep yang muncul dari hasil observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Hasil analisis akan disajikan secara deskriptif, menggambarkan proses implementasi program training dakwah, faktor-faktor pendukung dan penghambat, serta dampaknya terhadap peningkatan pengetahuan Islam santri di Pondok Pesantren Ibnu Sina Sangatta Utara. Implikasi penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam pengembangan program training dakwah di pesantren lain serta menyediakan wawasan bagi lembaga pendidikan Islam dalam meningkatkan efektivitas pendidikan agama dan pengembangan karakter peserta didik.
Copyrights © 2024