Evaluasi non-tes adalah metode penilaian yang tidak menggunakan tes sebagai alat pengukuran. Metode ini meliputi pengamatan, wawancara, penggunaan kuesioner, pemeriksaan dokumen, studi kasus, dan pengerjaan proyek sebagai cara untuk mengumpulkan data tentang hasil belajar peserta didik. Pendekatan ini memungkinkan penilaian holistik terhadap hasil dan proses pembelajaran, terutama dalam ukuran aspek afektif dan psikomotorik. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kepustakaan atau penelitian kepustakaan dengan mencari informasi atau data dari buku, internet dan penelitian-penelitian terdahul untuk mengembangkan teknik evaluasi non-tes yang lebih efektif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknik evaluasi non-tes dapat digunakan untuk menilai berbagai aspek kepribadian dan kinerja siswa secara menyeluruh. Dengan menggunakan teknik ini, pendidik dapat memperoleh wawasan yang lebih mendalam tentang kemajuan dan potensi peserta didik di luar ranah kognitif.
Copyrights © 2024