Ulil Albab
Vol. 3 No. 10: September 2024

Strategi Guru untuk Meningkatkan Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini melalui Aktivitas Bermain

Wa Ode Sari Amalia (Universitas Muhammadiyah Kendari)
Nurlina Nurlina (Universitas Muhammadiyah Kendari)



Article Info

Publish Date
21 Sep 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi guru dalam meningkatkan perkembangan bahasa anak usia dini melalui aktivitas bermain menggunakan metode studi literatur. Fokus utama adalah mengevaluasi efektivitas berbagai aktivitas bermain, seperti permainan peran, aktivitas berbasis kosakata, dan permainan kolaboratif, dalam memperkaya kosakata dan keterampilan bahasa anak. Temuan menunjukkan bahwa aktivitas bermain yang dirancang dengan baik dapat secara signifikan meningkatkan keterampilan bahasa anak. Teknik fasilitasi bahasa yang diterapkan guru, seperti memberikan arahan yang jelas, bertanya terbuka, dan memberikan umpan balik verbal, terbukti meningkatkan keterlibatan verbal anak. Selain itu, tantangan dalam implementasi, seperti keterbatasan waktu, sumber daya, dan perbedaan kemampuan bahasa, diidentifikasi, dengan solusi kreatif yang dibahas. Studi ini menegaskan bahwa strategi bermain yang efektif merupakan alat penting dalam mendukung perkembangan bahasa anak usia dini

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JIM

Publisher

Subject

Religion Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

ULIL ALBAB : Jurnal Ilmiah Multidisiplin diterbitkan oleh CV. ULIL ALBAB CORP. ULIL ALBAB : Jurnal Ilmiah Multidisplin menerbitkan artikel bidang multidisiplin, termasuk : Pendidikan, Hukum, Ekonomi, Agama, Pendidikan, Kesehatan, Teknik, Kebijakan Publik, Pariwisata, Sosial dan Politik, Budaya, ...