Ulil Albab
Vol. 3 No. 11: Oktober 2024

Kepuasan Layanan Penggunaan Sarana dan Prasarana di Universitas Negeri Semarang

Widi Widayat (Universitas Negeri Semarang)
Agung Wiyanto (Universitas Negeri Semarang)
Anindya Ardiansari (Universitas Negeri Semarang)
Ahmad Mundzir (Universitas Negeri Semarang)
Nurlaeli Sri Purnomowati (Universitas Negeri Semarang)



Article Info

Publish Date
11 Oct 2024

Abstract

Universitas Negeri Semarang (UNNES) sebagai institusi yang mengemban amanah membangun peradaban melalui bidang pendidikan, berkewajiban memberikan pelayanan yang terbaik bagi para penggunanya. Disebutkan sebagai pengguna dalam hal ini adalah civitas akademika. Seiring berjalannya waktu, kepuasan atas pelayanan yang diberikan perlu diukur untuk mengetahui tingkat kepuasan yang diterima oleh para pengguna. Proses pengukuran dikemas dalam suatu survei dengan sasaran Dosen, Mahasiswa, dan Tenaga Kependidikan. Kepuasan adalah hasil evaluasi antara harapan (perception) terhadap kualitas layanan dengan kinerja kualitas layanan yang dirasakan (perceived) oleh penggunaan layanan (konsumen/pelanggan). Kepuasan atau ketidakpuasan pelanggan adalah respons pelanggan terhadap evaluasi ketidaksesuaian yang dirasakan antara harapan sebelumnya (atau norma kinerja lainnya) dan kinerja aktual produk yang dirasakan oleh pemakai. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif non-eksperimental. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Metode Service Quality Servqual. Pengolahan data dilakukan dengan uji validitas, reliabilitas, analisis kesenjangan untuk melihat kesenjangan antara harapan dan kenyataan serta uji paired sample t test atau uji wilcogson untuk melihat apakah terdapat perbedaan yang signifikan antara harapan dan kenyataan. Tujuan dari penelitian ini yaitu mengetahui kepuasan layanan sarana dan prasarana di UNNES berdasar pandangan dosen, tenaga kependidikan dan mahasiswa. Populasi dalam penelitian ini antara lain 1) jumlah mahasiwa S1, 2) Jumlah dosen UNNES, 3) Jumlah Tenaga Pendidikan UNNES dan dengan sampel sebanyak 1241 orang yang terdiri dari 106 dosen, 112 pegawai, dan 1023 mahasiswa. Data kepuasan ini bisa menjadi rujukan stakeholder dalam hal ini pimpinan UNNES dalam pengambilan kebijakan untuk pengelolaan sarana dan prasarana di UNNES. Berdasarkan hasil penelitian didapat tingkat kepuasan hanya pada kisaran baik atau puas belum mencapai kisaran sangat puas. Oleh karena itu perlu peningkatan layanan sehingga mampu sampai tingkat sangat puas. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif non-eksperimental. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Metode Service Quality Servqual. Pengolahan data dilakukan dengan uji validitas, reliabilitas, analisis kesenjangan untuk melihat kesenjangan antara harapan dan kenyataan serta uji paired sample t test atau uji wilcogson untuk melihat apakah terdapat perbedaan yang signifikan antara harapan dan kenyataan. Tujuan dari penelitian ini yaitu mengetahui kepuasan layanan sarana dan prasarana di UNNES berdasar pandangan dosen, tenaga kependidikan dan mahasiswa. Populasi dalam penelitian ini antara lain 1) jumlah mahasiwa S1, 2) Jumlah dosen UNNES, 3) Jumlah Tenaga Pendidikan UNNES dan dengan sampel sebanyak 1241 orang yang terdiri dari 106 dosen, 112 pegawai, dan 1023 mahasiswa. Data kepuasan ini bisa menjadi rujukan stakeholder dalam hal ini pimpinan UNNES dalam pengambilan kebijakan untuk pengelolaan sarana dan prasarana di UNNES. Berdasarkan hasil penelitian didapat tingkat kepuasan hanya pada kisaran baik atau puas belum mencapai kisaran sangat puas. Oleh karena itu perlu peningkatan layanan sehingga mampu sampai tingkat sangat puas.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JIM

Publisher

Subject

Religion Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

ULIL ALBAB : Jurnal Ilmiah Multidisiplin diterbitkan oleh CV. ULIL ALBAB CORP. ULIL ALBAB : Jurnal Ilmiah Multidisplin menerbitkan artikel bidang multidisiplin, termasuk : Pendidikan, Hukum, Ekonomi, Agama, Pendidikan, Kesehatan, Teknik, Kebijakan Publik, Pariwisata, Sosial dan Politik, Budaya, ...