Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi peran manajemen pembelajaran berbasis karakter dalam pembentukan karakter anak usia dini. Dengan perkembangan pendidikan yang semakin menekankan pada pentingnya nilai-nilai moral dan sosial, pembentukan karakter menjadi bagian penting dalam kurikulum PAUD. Penelitian ini menggunakan metode studi literatur dengan mengkaji berbagai sumber relevansi yang berkaitan dengan manajemen pembelajaran dan pembentukan karakter. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen pembelajaran yang terencana dan berbasis karakter dapat membantu anak-anak menginternalisasi nilai-nilai seperti kejujuran, disiplin, tanggung jawab, dan empati. Penggunaan metode pembelajaran yang terstruktur dan berbasis proyek, serta kolaborasi antara guru dan orang tua, terbukti efektif dalam mendukung pembentukan karakter anak. Penelitian ini juga mengidentifikasi beberapa hambatan, seperti keterbatasan pelatihan guru dan sarana yang tidak memadai, yang perlu diatasi untuk meningkatkan kualitas manajemen pembelajaran berbasis karakter. Penelitian ini memberikan kontribusi penting bagi pengembangan pembelajaran di PAUD yang lebih berorientasi pada pembentukan karakter, serta memberikan rekomendasi untuk peningkatan kualitas pelatihan guru dan penyediaan sarana yang mendukung
Copyrights © 2025