Kurangnya pengetahuan mengenai literasi dan numerasi membuat banyaknya masyarakat di Desa Tabulo Selatan yang mengalami buta aksara. Dengan adanya kondisi tersebut membuat tim KKN terpacu untuk memberikan pengetahuan dan pengajaran mengenai pentingnya literasi dan numerasi untuk kedepannya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini terdiri atas tiga tahapan yakni perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Pada tahap perencanaan dilakukan dalam bentuk wawancara secara langsung kepada seluruh masyarkat yang ada di Desa Tabulo Selatan. Dari hasil wawancara dan diskusi mendalam didapatkan metode pembelajaran yang akan digunakan adalah dengan metode calistung bergambar. Dengan diterapkannya metode ini kepada masyarakat Desa Tabulo Selatan dapat sedikit demi sedikit membantu masyarakat dalam pengenalan huruf dan angka. Dukungan yang baik oleh aparat desa dan warga setempat menjadikan pelaksanaan program ini berjalan dengan lancar.
Copyrights © 2025