PESHUM
Vol. 2 No. 3: April 2023

Efektivitas Penggunaan Facebook Advertising Sebagai Media Peningkatan Penjualan Pada Minuman Haus Durian

Purnama Ramadani Silalahi (Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Sinta Aulia Haikal (Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Inna Insana (Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)



Article Info

Publish Date
01 Apr 2023

Abstract

Haus Durian adalah jenis usaha yang menjual minuman berbahan dasar durian dan bahan pendukung lainnya sesuai dengan komposisi untuk menghasilkan cita rasa yang sesuai dengan brand name. Awalnya para pelaku usaha haus durian merasa khawatir karena banyaknya brand minuman disekitarnya yang menciptakan ide peluang bisnis dengan kreatifitas tinggi, yang berujung pada penjualan yang rendah. Sistem pemasaran yang dilakukan pelaku usaha hanya memanfaatkan salah satu media sosial WhatsApp. Melalui penerapan strategi pemasaran, hasil penjualan relatif kecil karena memiliki jangkauan konsumen yang terbatas. Dalam melakukan kegiatan pemasaran, pelaku usaha haus durian tidak hanya penjual usaha minuman yang salah satunya ada di Ujung Padang. Kemudian pelaku bisnis memiliki ide untuk melakukan langkah pemasaran dengan mengiklankan produknya di salah satu platform Facebook atau melalui Facebook Ads karena jangkauan informasi pemasaran terbatas pada konsumen. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penggunaan iklan Facebook pada bisnis minuman haus durian sebagai sarana meningkatkan penjualan dengan strategi komunikasi pemasaran yang efektif, pemasaran online menggunakan iklan Facebook, dan tantangan iklan menggunakan iklan Facebook untuk memaksimalkan daya jual. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan melakukan survei terhadap pelaku usaha dan menghitung jumlah orang yang mengikuti halaman Facebook Ads haus durian. Dengan melihat pertumbuhan jumlah pengikut dan tingkat interaksi dengan pelanggan, hasilnya menunjukkan bahwa iklan digunakan secara efektif sebagai media pemasaran.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

PESHUM

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences

Description

PESHUM: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Humaniora diterbitkan oleh CV. ULIL ALBAB CORP. PESHUM : Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Humaniora menerbitkan artikel bidang: (1) Pendidikan: Pendidikan dan Pembelajaran, Pendidikan Karakter, Pendidikan Inklusi, Kurikulum Pendidikan. (2) Sosial: Ekonomi, ...